Dengan Sistem Teknologi Canggih Ini, Pesawat Terbang Memastikan Menjadi Alat Transportasi Paling Aman Didunia

Penulis Unknown | Ditayangkan 01 Feb 2016
Alat transportasi saat ini memang sudah banyak. Mulai dari alat transportasi darat, alat transportasi air, alat transportasi udara. Saat ini memang kalangan atas lebih memilih menggunakan alat transportasi udara / yang disebut pesawat, untuk berkunjung ke suatu daerah.

Dengan Sistem Teknologi Canggih Ini, Pesawat Terbang Memastikan Menjadi Alat Transportasi Paling Aman Didunia

Pada kenyataannya memang pesawat dapat lebih cepat untuk perjalanannya. Namun, memang biaya yang harus dikeluarkan juga cukup lumayan. Teknologi jaman sekarang yang sudah berkembang pesat berhasil menciptakan sebuah teknologi baru pada pesawat. Teknologi ini mampu menyatakan pesawat menjadi sebuah alat transportasi paling aman di dunia. Penasaran dengan teknologi tersebut? Simak penjelasannya berikut.

Dua tahun terakhir kita dihebohkan dengan beberapa kejadian tragis musibah kecelakaan pesawat yang menelan banyak orang, seperti musibah hilangnya MH370 milik maskapai negeri Jiran hingga yang terakhir kecelakaan pesawat AirAsia Indonesia tujuan Surabaya - Singapura yang membuat kita semakin was-was kalau mau memilih transportasi satu ini.

Pesawat berkapsul


Dengan Sistem Teknologi Canggih Ini, Pesawat Terbang Memastikan Menjadi Alat Transportasi Paling Aman Didunia
Pesawat mengeluarkan kapsul atas konsep Vladimir Tatarenko

Dengan Sistem Teknologi Canggih Ini, Pesawat Terbang Memastikan Menjadi Alat Transportasi Paling Aman Didunia
Kapsul yang keluar saat pesawat mengalami kecelakaan

Meski yang namanya musibah memang datangnya tiba-tiba dan tidak bisa ditebak, tapi baru-baru ini ilmuwan Ukraina Vladimir Tatarenko membuat sebuah terobosan baru dalam dunia penerbangan, yaitu dengan menciptakan pesawat yang memiliki sistem canggih dalam hal keamanan dan keselamatan penumpang ketika pesawat mengalami mal fungsi.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sistem ini bekerja jika menekan satu tombol, maka cabin pesawat akan menjorong keluar yang dibantu dengan parasut.
Insinyur, yang telah bekerja di proyek Antonov dan bahkan berpartisipasi dalam penciptaan pesawat kargo AN-225 Mriya raksasa, mengusulkan menciptakan sebuah kapsul yang dapat keluar dari kabin pesawat ketika dalam keadaan darurat. Setelah kapsul keluar dari badan pesawat maka parasut akan terbuka dan memperlambat jatuhnya kapsul pesawat tersebut. ketika kapsul tersebut akan mendarat roket yang sebelumnya sudah terpasang pada bagian parasut itu sendiri akan secara otomatis menyala karena adanya sensor jarak yang berfungsi sebagai mempermulus pendaratan, baik di darat maupun di air.

Membuat model baru!


Seorang insinyur penemu ide ini sangat sulit menerapkan sistem ini pada pesawat komersial yang saat ini sudah banyak dipakai dalam penerbangan, Jika ingin menerapkan sistem keamanan ini harus membuat pesawat dengan model baru yang disesuaikan dengan sistem keamanan kapsul ini.

Insinyur Ukraina percaya proyek ini berlaku untuk pesawat kecil dan menengah, ketika adanya penambahan kapsul pesawat, maka berat pesawat meningkat sehingga konsekuensinya ialah boros bahan bakar.

Mari kita lihat video sistem kaeamanan dan keselamatan pesawat di bawah ini:


Nah, gimana dengan teknologi yang satu ini? Lebih membuat kita percaya kan jika teknologi ini sudah sempurna. Semoga dapat menambah wawasanmu di bidang teknologi dalam pesawat. Jangan lupa share biar temanmu juga mengerti teknologi ini.

Sumber : keepo
SHARE ARTIKEL