Minimalist Tropical House

Penulis | Ditayangkan 24 Oct 2017
Minimalist Tropical House

Menyesuaikan dengan iklim Indonesia, tentu hal ini agak sedikit ada kaitannya dengan desain rumah. Bisa dibilang, desain rumah tropis sudah cukup banyak dikembangkan di wilayah Indonesia.

Namun sudah pernahkah kalian mendengar tipe rumah tropis atau hanya sekedar mengenal istilahnya saja. Model rumah tropis sendiri banyak dikembangkan di negara-negara luar, selain mempunyai kenyamanan yang berbeda dari desain rumah lainnya, desain hunian tropis ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung ataupun tamu yang berkunjung.

1. Taman

Minimalist Tropical House

Taman adalah salah satu penghubung antar rumah beserta dengan segala elemen modernnya dengan alam yang indah. 

Rumah tanpa adanya taman akan terasa sangat hambar dan kurang indah, bahkan jika dilihat pun pasti rumah tersebut akan terasa sangat membosankan sekali.

Bahkan di lahan yang sangat terbatas sekalipun ada baiknya usahakan untuk bisa menyisakan sedikit untuk dijadikan sebagai taman indah. 

Akan tetapi apabila memang kalian memiliki lahan yang bisa dibilang cukup luas, alangkah indah dan bijaknya jika kalian membuat taman minimalis yang dapat kalian nikmati setiap saat di rumah kalian.

2. Ruang Tamu

Minimalist Tropical House

Ruang tamu minimalis tropis sering ditemui dengan pengguaan ventilasi di jendela di bagian paling atas dinding yang memiliki fungsi utama untuk menjaga aliran udara segar alami mengalir dengan baik. 

Penambahan beberapa tanaman hias di salah satu sudut ruang tamu, vas bunga maupun aksesoris lainnya selain mampu mempermanis interior ruang tamu tersebut juga akan menguatkan sentuhan tropis yang asri dan menyegarkan. 

3. Ruang Santai

Minimalist Tropical House

Desain ruang santai atau ruang keluarga dengan interior yang senyaman dan senatural mungkin, karena tema dari rumah sendiri adalah rumah tropis.

Ruang santai tropis tidak memerlukan interior yang terlalu banyak, hanya cukup sebuah sofa dan perangkat elektronik yang lainnya untuk sekedar bersantai.

Gunakan cat dinding dengan warna yang mendasar seperti putih atau abu-abu.

Jika bangunan rumah kalian minimalis sebaiknya satukan ruang santai dengan dapur serta ruang makan agar tidak terlalu memakan tempat.

4. Kamar Tidur

Minimalist Tropical House

Namun tak jarang beberapa orang salah kaprah dengan pengertian dari desain minimalis. Mereka menganggap bahwa minimalis itu identik dengan elemen seperlunya dan warna-warna netral saja.

Padahal minimalis merupakan sebuah gaya arsitektur bangunan yang memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ciri-ciri desain minimalis pada interior kamar;

- Seluruh ruang di dalam rumah lebih terbuka dan minim penyekat atau pembatas
- Menonjolkan kesan simple dan apa adanya namun tetap menarik
- Pola ruangan hanya berbentuk kotak atau persegi
- Pada ceiling, gaya minimalis hanya dibiarkan polos (tidak ada drop ceiling)
- Penggunaan ruang lebih optimal tanpa adanya space
- Ornamen interior seperti cornice (frame jendela) dan ukiran tidak diterapkan
- Untuk dekorasi, penempatan furnitur terlihat lebih tegas, polos, dan tidak ada ukiran.

5. Dapur

Minimalist Tropical House

Desain dapur tropis merupakan gaya yang ideal untuk kalian, karena memberikan kesan luas pada ruangan, dan juga memungkinkan penataan ruangan yang lebih maksimal jika diintegrasikan dengan ruangan lainnya. 

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk merenov dapur, desain ini juga akan merubah suasana bersantap makanan bersama keluarga atau juga orang-orang tersayang, karena konsep ini akan mendekatkan kalian satu sama lain.

Untuk menampilkan desain dapur bergaya tropis dan modern, kalian harus memperhatikan pencahayaan ruangan agar tampak terlihat lebih indah. Saran kami, tempatkan saja sumber pencahayaan langsung di atas dapur.

Lengkapi pula dapur tersebut dengan lampu gantung aluminium yang berjejer, untuk menghindari kegelapan yang mempersulit aktivitas kalian. Untuk tampilan yang lebih fungsional, tambahkan pula beberapa rak penyimpanan yang berfungsi untuk menaruh bahan makanan, peralatan dan juga bumbu.

This is a minimalist tropical house design as an example for you guys who will build a house like this. Good luck!









SHARE ARTIKEL