6 Gambar Alat Musik Tradisional Bali, Fungsi dan Cara Memainkannya

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 14 Aug 2018
6 Gambar Alat Musik Tradisional Bali, Fungsi dan Cara Memainkannya
Gambar alat musik via kisplus.blogspot.com

Ingin tahu apa saja alat musik tradisonal Bali? Dan bagaimana gambar alat musik tersebut? Yuk simak penjelasan lengkapnya disini, kami juga akan membahas beserta fungsi dan cara memainkannya.

Bali merupakan daerah yang memiliki budaya mistis dan nuansa hindu budha yang kental. Daftar alat-alat musik tradisional Bali beserta penjelasannya ini juga dilengkap dengan gambar alat musik dan fungsinya tak lupa pula cara memakainya.

Baca Juga : 5 Alat Musik Daerah Jawa Timur Lengkap dengan Penjelasan dan Gambarnya

Bali merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak sekali kesenian, salah satunya adalah alat musik. Alat musik tradisional Bali yang pertama misalnya Rindik, rindik adalah sebuah alat musik tradisional khas Bali. Berikut contoh gambar alat musik dari bali beserta fungsi dan cara memakainya.

6 Gambar Alat Musik Tradisional Bali, Fungsi dan Cara Memainkannya:

1. Genggong

6 Gambar Alat Musik Tradisional Bali, Fungsi dan Cara Memainkannya
Alat musik genggo via alatmusik.org

Alat musik Genggong merupakan salah satu instrumen getar yang unik. Suara yang ditimbulkan kabarnya melahirkan keunikan tersendiri. Anda kenal dengan suara katak yang bersahutan di sawah? Terkesan begitulah suara musik yang dihasilkan dari alat musik Genggong.

Selain itu, keunikannya lain yang dimilik Genggong adalah dengan cara memainkannya, yaitu Keunikannya yang lain adalah alat musik zaman dulu ini memanfaatkan rongga mulut orang yang membunyikannya sebagai resonator.

Lebih lanjut, seperti diketahui, alat musik ini memang dibunyikan dengan cara mengulum (yanggem) pada bagian yang disebut “palayah”nya. Jari tangan kiri memegang ujung alat sebelah kiri dan tangan kanan menggenggam tangkai bambu kecil yang dihubungkan dengan tali benang dengan ujung alat di sebelah kanan.

Dan supaya bunyi keluar dari alat ini, maka benang itu ditarik-tarik ke samping kanan agak menyudut ke depan, tetapi tidak meniupnya. Rongga mulut hanya sebagai resonator, dibesarkan atau dikecilkan sesuai dengan rendah atau tinggi nada yang diinginkan.

Kegunaanya alat musik tempo dulu ini, adalah di fungsikan sebagai sarana hiburan, seperti dalam acara pernikahan.

Kabar baiknya, sampai saat ini masih ada seniman pengrajin ditemukan, salah satunya dilokasi Desa Batuan, Kabupaten Gianyar.

Adapun bahan untuk membuat Genggong adalah pelepah pohon enau. Dalam bahasa Bali disebut “pugoug” yang dipilih yang cukup tua dan kering. Selanjutnya dipilih kulit luarnya dan dibuat irisan penampang segi empat panjang dengan ukuran lebih kurang dua cm lebar dan dua puluh cm panjangnya.

2. Pereret

6 Gambar Alat Musik Tradisional Bali, Fungsi dan Cara Memainkannya
Alat musik pereret via kamerabudaya.com

Alat musik tradisional Bali yang kedua ini dikenal dengan nama Pereret. Alat musik tempo dulu ini adalah alat musik kuno sejenis trompet yang terbuat dari bahan kayu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi trompet.

Sampai saat ini, demi melestarikannya, alat musik Pereret ini banyak dibuat di daerah Jembrana, Bali. Kegunaan alat musik ini yaitu dimanfaatkan untuk mengiringi kesenian Sewo Gati. Lantas, bagaimana cara menggunakan alat musik Pereret?

Berdasarkan informasi, alat musik Pereret dimainkan dengan cara meniupnya. Saat ditiup, maka keluarlah suara bunyi yang kabarnya bisa menawan hati.

Berdasarkan sejarahnya, pada saat itu di Bali istilah Pereret dikenal dengan sebutan pengasih asih. Mitos yang berkembang, dikarenakan biasanya alat musik ini sering dipakai oleh perjaka untuk mengguna-gunai seorang gadis yang dicintai nya. Wow…Selanjutnya alat musik itu dimainkan oleh para pejaka di malam hari diatas pohon yang tinggi pula. Akibatnya, jarak satu kilo meter bisa sayup-sayup terdengar.

Yang membuat ‘ngeri’ sebelum digunakan, alat tersebut terlebih dahulu diisi dengan kekuatan gaib oleh Jero Balian atau Dukun. Oleh sang dukun, sesajen-sejanjen pun disisipkan yang akan termanifestasi dalam alat musik yang akan di mainkan.

3. Ceng-ceng

6 Gambar Alat Musik Tradisional Bali, Fungsi dan Cara Memainkannya
Alat musik ceng-ceng via balubu.com

Pada poin yang ketiga ini, akan dibahas tentang alat musik yang bernama Ceng-ceng. Dalam beberapa istilah kata Ceng-ceng tidak terpisah, menjadi cengceng. Menurut informasi, alat musik Ceng-ceng adalah bagian penting dari seperangkat gamelan Bali, pasalnya alat musik zaman dahulu ini akan menimbulkan efek suara yang dinamis pada saat di mainkan dengan gamelan.

Ceng-ceng terdiri dari enam buah logam bundar yang berada di bawah dan dua logam bundar di bagian atas. Bagaimana cara memainkan alat musik Ceng-ceng? Alat musik tradisional Ceng-ceng dimainkan dengan cara memukulkan bagian tembaga bundar yang atas dengan bagian bundar yang bawah yang diarahkan ke atas.

Mengenai bentuknya, Ceng-ceng bentuknya menyerupai kura-kura (lihat gambar) yang menurut kebudayaan Bali, kura-kura yang mengandung mistis memiliki nilai yang magis.

4. Rindik

6 Gambar Alat Musik Tradisional Bali, Fungsi dan Cara Memainkannya
Alat musik rindik via multiajaib.blogspot.com

Budaya Bali semakin kaya dengan adanya alat musik tradisional Rindik. Kenapa demikian? Menurut sejarah, semua bermula saat pihak wengker (sekarang Ponorogo) melakukan pemberontakan kepada kerajaan Majapahit. Ketika pemberontakan terjadi, ada banyak Angklung Reyog yang merupakan senjata kerajaan majapahit juga berfungsi sebagai alat musik di tinggal di kerajaan.

Akibatnya, serbuan dari kerajaa Demak berdampak pada alat musik Angklung dan Gamelan yang di bawa ke Bali mengalami pergesaran dan kerusakan. Masih pada saat itu, orang Majapahit yang tiba di Bali mengalami kesulitan saat merangkai gamelan termasuk Angklung.

Pada kenyataannya, Angklung di Bali tidak di bentuk sedemikian rupa, namun bisa menghasilkan suara dengan cara di pukul layaknya gamelan yang terbuat dari logam, dan kemudian Angklung ini berubah nama menjadi Rindik. Menurut bahasa Jawa kuno, Rindik berarti di tata dengan rapi dengan celah yang sedikit.

Terbuat dari apa alat musik Rindik? Alat musik Rindik terbuat dari bambu yang bernada Selendro dan dimainkan dengan cara dipukul.

Jumlah orang yang memainkan alat musik ini biasa dimainkan oleh 2-5 orang yang masing-masing mempunyai peran. Ada yang menabuh Rindik dan ada pula sisanya untuk Seruling dan Gong pulu.

Awalnya alat musik Rindik hanya dimanfaatkan sebagai alat untuk menghibur para petani di sawah. Selain itu, Rindik juga biasa digunakan sebagai musik pengiring hiburan rakyat ‘Joged Bumbung ‘. Zaman pun berubah, sekarang Rindik sudah lebih fleksibel dalam pemakaiannya. Diketahui, beberapa diantaranya adalah sebagai pelengkap untuk acara pernikahan/resepsi serta dapat pula untuk menyambut tamu.

5. Gamelan Bali

6 Gambar Alat Musik Tradisional Bali, Fungsi dan Cara Memainkannya
Alat musik gamelan via kamerabudaya.com

Alat musik Gamelan Bali merupakan salah satu jenis alat musik gamelan tradisional yang khas dari Denpasar, Bali. Pada kenyataannya, Gamelan Bali memiliki beberapa perbedaan dengan alat musik gamelan pada umumnya. Apa dan dimana perbedaannya? Terdapat pada baik dalam bentuk dan cara memainkannya.

Berguna sebagai pengiring suatu pertunjukan kesenian di Bali, seperti hiburan, Gamelan Bali tersebut di tampilkan. Juga dalam acara-acara yang sifatnya sakral.

Meski zaman sudah modern, namun Gamelan Bali ini sangat sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat Bali. Berdasarkan fungsinya, Gamelan Bali sering digunakan untuk mengiringi upacara keagamaan dan hiburan.

6. Gerantang

6 Gambar Alat Musik Tradisional Bali, Fungsi dan Cara Memainkannya
Alat musik gerantang via satujam.com

Alat ini merupakan alat musik tradisional dari Bali, terdiri atas beberapa bilah bambu yang dideretkan mendatar dan dimainkan dengan 2 (dua) buah alat pemukul semacam dengan Gambang alat musik khas Suku Jawa akan tetapi Gerantang menggunakan bambu. Dipakai dalam kegiatan gamelan kelentang atau angklung.

Ada juga yang menyatakan bahwa Gerantang kata lain dari alat musik Rindik. Keduanya memang memiliki kesamaan, yaitu sama-sama terbuat dari bahan bambu dan dimainkan dengan cara di pukul.

Oke, demikianlah sajian informasi terkait gambar alat musik tradisional Bali yang diulas dari berbagai sisi dan fungsi. Juga sempat ada menyinggung sejarahnya. Jangan lupa baca juga 5 Alat Musik Daerah Jawa Timur ya. Semoga bermanfaat.
SHARE ARTIKEL