5 Cara Melacak HP yang Hilang Meskipun Hp-nya Mati ataupun Diganti Nomor, Pasti Ketemu

Penulis Anisa Nurfadila | Ditayangkan 07 Sep 2018
5 Cara Melacak HP yang Hilang Meskipun Hp-nya Mati ataupun Diganti Nomor, Pasti Ketemu
cara melacak hp via aldandroid.blogspot.com

Hp hilang dan tidak tau keberadaannya ? Tenang! Berikut ini ada beberapa cara melacak hp yang terbukti berhasil.

Apa jadinya jika hp kesayangan anda ternyata hilang atau terselip hingga lupa lokasi penyimpanan terakhir? Kehilangan hp adalah saat yang sangat tidak menyenangkan. Tapi, tenang saja, ada beberapa cara melacak hp hilang dengan mudah. Berikut kami beri tahu cara 5 cara melacak hp yang hilang.

1. Cara Melacak Hp Dengan Email

Apakah kalian pernah kehilangan smartphone? Entah itu hilang karena teledor dan lupa meletakkannya di sembarang tempat, atau karena dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Kalau dulu, mungkin akan susah melacak di mana keberadaan smartphone kita. Namun, saat ini karena teknologi sudah semakin canggih, kita bisa dengan mudah melacak dan menemukan smartphone yang hilang melalui email.

Lalu, bagaimana cara melacak hp dengan email? Mari kita simak bagaimana cara melacak hp dengan email di hp android menggunakan Gmail, di mana Gmail ini adalah layanan surel atau e-mail milik Google yang bisa kita gunakan secara gratis. Berikut langkah - langkahnya :

1. Pastikan kita mengingat akun Gmail yang digunakan di smartphone Android yang hilang.
2. Kemudian, kunjungi website Find My Device. Ini adalah layanan untuk mencari lokasi smartphone Android dari Google.
3. Masukkan akun e-mail dan kata sandi akun Gmail yang teman-teman gunakan di smartphone yang ingin dilacak.
4. Lalu di layar akan terlihat ikon ponsel di salah satu titik dalam peta yang ditampilkan. Itu artinya smartphone kita sudah berhasil dilacak.
5. Selain itu, ada informasi lain yang ditampilkan dalam layar, seperti jumlah baterai, bahkan sampai jaringan Wi-fi yang tersambung di smartphone tersebut.
6. Fitur lainnya adalah pengaturan membunyikan smartphone dan mengunci smartphone agar tidak bisa dibuka.
7. Jika sepertinya tidak memungkinkan untuk dikembalikan, tersedia juga fitur untuk menghapus semua data yang ada di smartphone yang hilang tadi. Tujuannya, agar data-data kita tidak disalahgunakan oleh orang lain.
8. Selain itu, kita juga bisa menyalakan ringtone agar smartphone kita mengeluarkan bunyi selama 5 menit. Meskipun pengaturannya dalam mode senyap atau silent, smartphone kita tetap akan berbunyi.

Itulah cara melacak hp dengan email yang dapat anda lakukan. Mudah kan ? Selanjutnya kita akan belajar cara melacak hp menggunakan nomor hp.

2. Cara Melacak HP Menggunakan Nomor

Bagaimana cara melacak hp menggunakan nomor hp anda ? Ada beberapa cara melacak hp dengan nomor. Salah satunya adalah dengan menggunakan Lacak GSM. 

Lacak GSM merupakan sebuah website yang menawarkan fasilitas pelacakan nomer seluler yang dilengkap dengan posisi sebenarnya pada saat itu juga. Jadi meskipun nomor tersebut memiliki kode area Jakarta dan saat itu nomor HP dan penggunanya sedang berada di daerah Bandung, maka website ini akan tetap memberitahukan daerah Bandung sebagai posisi real dari nomer HP tersebut.

Cara kerja dari sistem yang dimiliki Lacak GSM adalah dengan mengandalkan menara-menara BTS yang banyak tersebar di seluruh daerah. Nomor ponsel yang dilacak tersebut akan mengirimkan sinyal ke menara BTS terdekatnya dan kemudian sinyal yang diperoleh menara BTS tersebut akan diolah kembali oleh sistem yang kemudian bisa diketahui posisi sesungguhnya dari nomer HP tersebut. Untuk menyelidiki nomer HP seseorang yang melakukan penipuan, Lacak GSM tentunya bisa Sobat jadikan solusi.

Untuk bisa menggunakan sistem ini, silahkan masuk ke https://www.lacakgsm.com/ dan kemudian mendaftar. Sesudah mendaftar anda diharuskan membayar biaya anggota dimana dengan biaya tersebut, tentunya bisa menelusuri nomer ponsel yang keakuratannya diklaim mencapai 98%. Keren kan?

3. Cara Melacak Hp Dengan GPS

Jika anda kehilangan salah satu hp android atau mungkin lupa menaruh smartphone anda, anda bisa melakukan cara melacak hp dengan gps tanpa menggunakan aplikasi. Bagaimana cara melacak Hp dengan GPS dengan mudah ? Ikuti saja langkah berikut ini!

Yaitu dengan bantuan situs pengelola android yang sudah disediakan oleh google, silahkan klik link berikut ini https://www.google.com/android/find?u=0

1) Untuk langkah yang pertama kunjungi link diatas, nantinya anda akan diarahkan ke salah satu situs pengelola perangkat, dan anda akan diminta untuk login akun email anda.

2) Masukan email dan password anda, tapi ingat, email harus yang pernah aktif atau pernah digunakan di smartphone android anda yang hilang.

3) Jika sudah login, jika HP Android anda sedang aktif pasti langsung akan terlacak posisi dimana lokasi android anda berada.

4) lanjut ke langkah berikutnya, perhatikan sisi disebelah kiri ada beberapa menu perintah seperti “Putar Suara, Kunci, dan Hapus” kegunaannya adalah

Putar Suara: untuk menderingkan ponsel android yang hilang dengan volume maksimal.

Kunci: untuk mengunci hp android yang hilang, jadi orang lain tidak bisa menggunakan ponsel anda yang hilang.

Hapus: untuk menghapus semua data penting yang tersimpan di android yang hilang, seperti foto,video,akun media sosial, dll.

4. Cara Melacak Hp Dengan Imei

Bagaimana cara melacak hp dengan imei ? Pada saat ini, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Cara melacak hp yang hilang pun ada banyak. Salah satu caranya adalah melakukan pelacakan smartphone dengan menggunakan kode International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Setiap smartphone akan memiliki kode IMEI yang berbeda, sehingga tidak mungkin ada kesamaan terhadap kode IMEI antara satu smartphone dengan smartphone lainnya. Berikut adalah cara melacak hp dengan IMEI :

1. Akses Google Chrome
Anda bisa melakukan pengaksesan Google Chrome terlebih dahulu dengan menggunakan smartphone lainnya. Dengan anda melakukan pengaksesan menggunakan Google Chrome akan mempermudah anda dalam melakukan pencarian smartphone.

2. Download Find My Device
Ketika anda telah mengakses Google Chrome, anda bisa melakukan pencarian terhadap aplikasi Find My Device pada website Google Play Store. Aplikasi Find My Device adalah aplikasi open source yang bisa anda dapatkan dengan bebas tanpa harus membayar sebelum mendownloadnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda akan semakin mudah dalam menemukan smartphone anda yang hilang.

3. Atur pengaturannya
Ketika anda telah berhasil untuk mendownload aplikasi Find My Device. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengubahan beberapa hal dalam pengaturan yang telah disediakan oleh Find My Device. Anda bisa menemukan pelacakan lokasi dengan menggunakan kode IMEI pada aplikasi Find My Device. Ketika anda telah menemukan lokasi pengaturan dengan menggunakan kode IMEI. Anda harus memasukkan kode IMEI smartphone anda yang hilang.

4. Menderingkan smartphone dengan kode IMEI 
Ketika anda telah terhubung dengan kode IMEI smartphone anda yang hilang. Deringkan smartphone anda dengan menekan fitur dering pada Find My Device.

5. Cari lokasi yang muncul
Setelah lokasi smartphone anda berhasil terdeteksi, anda bisa melakukan pencarian lokasi tersebut. Untuk melakukan hal ini, anda bisa terus memantau lokasi smartphone anda agar tidak kehilangan jejak terhadap smartphone anda.

5. Cara Melacak Hp Hilang dalam Keadaan Mati

Bagaimana cara melacak hp hilang dalam keadaan mati dan tidak memiliki paket data ? Caranya tidaklah susah lho ikuti saja cara berikut ini.
  • Pertama anda harus mengunjung sebuah situs resmi dari Android Device Manager melalui situs https://www.google.com/android/find atau disini.
  • Selanjutnya anda harus melakukan registrasi menggunakan akun gmail milik anda yang digunakan pada hp samsung galaxy anda yang hilang, selanjutnya anda pilih tulisan “Temutkan Perangkat Saya”, tunggu sampai proses komputer melakukan pelacakan terhadap hp Samsung Galaxy anda yang hilang.
  • Kemudian secara otomatis bila hp android anda yang masih dalam keadaan hidup di temukan posisinya, ini juga bisa digunakan untuk melacak hp android yang dalam keadaan mati.
  • Sekarang tinggal anda selidiki lebih rinci lagi, dan ulangi langkah tersebut sampai anda betul – betul pada lokasi terdekat dengan hp android anda yang hilang itu.

Untuk halaman pada Android Device Manager yang digunakan utnuk mendeteksi lokasi hp android samsung yang hilang dalam keadaan mati maupun hidup yang mana anda harus menyesuaikan dengan akun gmail yang anda gunakan sebelumnya.

Demikian artikel bagaimana cara melacak hp android yang hilang anda yang telah kami sampaikan semoga artikel ini cara melacak HP android yang hilang dalam keadaan mati dapat membantu teman – teman yang sedang mencari lokasi hp yang dicuri orang. Sekian artikel kami dan terima kasih atas kunjungannya
SHARE ARTIKEL