Awas!! Veneer Gigi Abal-Abal Bisa Berakibat Fatal, Bahkan Berujung Kematian

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 22 Feb 2019

Korban veneer gigi abal-abal (@korbantukanggigi)

Jangan sampai menyesal seumur hidup dengan tergiur tren pasang veneer gigi murah!

Dikupas tuntas oleh para dokter gigi, seperti ini menegrikannya efek veneer gigi abal-abal...

Tren veneer gigi atau memutihkan gigi secara instan memang makin digemari. Alasannya simpel, gigi yang putih terbukti mampu meningkatkan penampilan berpuluh-puluh kali lipat.

Belum lagi, susahnya mencari pasta gigi yang benar-benar terbukti membuat gigi tampak lebih putih juga menjadi alasan kenapa orang lebih memilih veneer gigi.

Namun sayang, tanpa pengetahuan yang cukup para konsumen justru memilih perawatan di salon abal-abal dengan harga murah TANPA MEMPERHITUNGKAN RISIKONYA!

Sebagaimana baru-baru ini yang membuat heboh Instagram. Akun @korbantukanggigi membeberkan secara gamblang bagaimana resiko mengerikan dari Veneer gigi abal-abal ini.

Dalam akun @korbantukanggigi, beberapa postingan terakhir merujuk pada tren veneer yang dilakukan pada 'salon gigi'. Banyak alasan yang mendasari, sekedar ikutan tren atau menutupi rusaknya gigi.

Sayangnya, masih banyak yang tidak memperhitungkan risiko dari pemasangan veneer 'abal-abal'. Mulai dari infeksi bakteri bahkan kanker mulut.

"Veneer adalah perawatan one way ticket. Email gigi yang terkikis tidak akan pernah kembali lagi ke kondisi awal. Kerusakannya permanen. Maka veneer adalah komitmen seumur hidup," tulisnya dalam akun tersebut.

"Lebih jauh lagi otot pengunyahan akan terganggu, sendi yang terlibat rusak, otot wajah dan otot-otot sekitar kepala dan leher terpengaruh. Akan sangat dimaklumi jika efek lebih jauhnya adalah migren, pusing-pusing, pegal leher sampai telinga berdenging," tulis satu postingan laporan pemasangan veneer abal-abal.



veneer gigi abal-abal (@korbantukanggigi)

Tren perawatan salon gigi saat ini tersebar begitu pesat. Berbanding lurus dengan efek samping juga wabah penyakit menular akibat penggunaan jarum suntik sembarangan.

Satu dari delapan dokter gigi yang menjadi admin akun Instagram @korbantukanggigi, drg. Rifqie Al Haris menjelaskan, veneer gigi pada dasarnya bertujuan untuk mengubah warna gigi yang cacat atau memperbaiki gigi yang gompal agar kembali normal dengan lapisan buatan. Pemasangan veneer harus sesuai indikasi medis dan memerhatikan aspek manfaat yang tentunya berisiko.

"Saat mau memasang veneer kan gigi asli harus dikikis, ketebalan dan jaraknya lapisan veneer juga harus diperhatikan agar bentuk dan susunan alami gigi tidak hilang. Kalau yang enggak ngerti ilmunya, tinggal tunggu bom waktu saja" katanya, sebagaimana dikutip dari detik.com.

Ia juga menjelaskan, sering kali menemukan laporan kasus veneer abal-abal. Laporan tersebut kemudian diposting dalam media sosial Korban Tukang Gigi yang bertujuan mengedukasi masyarakat melalui dokumentasi kasus perawatan gigi yang bermasalah tersebut.

"Baru-baru ini ada artis yang mengaku menyesal seumur hidup setelah memasang veneer. Gusinya jadi perdarahan terus dan giginya rusak semua," terangnya.

Pemasangan veneer menurutnya harus dibuat dengan presisi yang sangat tinggi. Dengan demikian, jika pemasangannya meleset, baik gigi, gusi, sampai tulang pemegang gigi bisa rusak.

Oleh karena itu, ia kembali mengingatkan bahwa pemasangan veneer adalah prosedur perawatan yang bisa dilakukan jika ada indikasi medis.

"Baik pemasangan veneer, bleaching, atau behel itu sama-sama prosedur perawatan, bukan aksesoris atau salon gigi. Tujuannya adalah memperbaiki kondisi yang cacat jadi baik, bukan yang sudah baik jadi dimodifikasi untuk gaya-gayaan," tegasnya.

Potret Mereka yang Jadi Korban Veneer Gigi Abal-abal

1. Karena dilakukan sembarangan veneer jadi malah mengganggu fungsi gigi.


(Foto: Instagram/slvnd.drg/korbantukanggigi)

2. Celah yang terbentuk karena ukuran lapisan veneer yang tidak sesuai jadi tempat sisa makanan menumpuk di gusi.


(Foto: Instagram/slvnd.drg/korbantukanggigi)

Baca Juga: Anak 9 Tahun Meninggal Usai Makan Es Krim, Ini yang Harus Diperhatikan Orangtua

3. Veneer sendiri adalah prosedur medis yang berarti harus dilakukan hati-hati. Foto veneer ini misalnya berpotensi memengaruhi kemampuan gigitan pasien karena terlalu tebal.


(Foto: Instagram/slvnd.drg/korbantukanggigi)

4. Foto atas adalah contoh veneer yang dilakukan sembarangan vs dilakukan oleh dokter gigi.

(Foto: Instagram/slvnd.drg/korbantukanggigi)

5. Kalau sembarangan ditempel veneer juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lebih serius.

(Foto: Instagram/slvnd.drg/korbantukanggigi)

6. Ini yang harus dilalui gigi kamu ketika dokter berusaha melepas veneer yang gagal. Ada risiko terjadi pengikisan gigi.

(Foto: Instagram/slvnd.drg/korbantukanggigi)
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat