Sempat Masuk Sekolah, Siswi SD di Tegal Positif Covid-19, Tak Alami Gejala Apapun

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 04 Aug 2020

Sempat Masuk Sekolah, Siswi SD di Tegal Positif Covid-19, Tak Alami Gejala Apapun

Ilustrasi siswa SD saat sekolah di masa pandemi - Image from grid.id

Baru diketahui beberapa hari setelah masuk sekolah 

Siswi ini tak alami gejala klinis apapun yang merujuk pada Covid-19. Namun setelah di tes swab hasilnya positif. Sontak ia langsung diisolasi di rumahnya sejak minggu lalu. 

Untuk antisipasi saat anak masuk sekolah, ortu perlu ajarkan anak melakukan upaya pencegahan corona. 

Seorang siswa sekolah dasar (SD) berinisial di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah yang sempat mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah ternyata terkonfirmasi positif Covid-19. 

Siswa tersebut mengaku tidak mengeluh gejala klinis, tapi saat ini ia sedang menjalani isolasi mandiri di kediaman orang tuanya di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Siswa itu diduga tertular dari kakeknya yang telah menjadi pasien positif Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal dr. Joko Wantoro mengatakan, kakek siswa SD tersebut saat ini masih dirawat di RS Dr. Soeselo Slawi. 

"Kakeknya sebelumnya pulang dari Jakarta sebagai sopir bajaj," kata Joko, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/8/2020). 



Joko mengatakan, siswa itu sempat mengikuti KBM tatap muka di sekolah termasuk madrasah beberapa hari sebelum memeriksa kondisinya.

Saat hasil swab menyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, selanjutnya ia diminta isolasi mandiri di rumah sejak pekan lalu.

Siswa sebelumnya tak mengeluh gejala klinis apapun dan dalam keadaan sehat. Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Tegal kemudian menelusuri kontak eratnya, baik itu teman sekelasnya dan juga para guru. 

Sementara kedua orang tuanya dinyatakan negatif Covid-19. "Semua kontak eratnya kita swab. Tapi sampai hari ini hasilnya belum keluar," terang Joko.

Joko mengatakan, saat ini petugas medis masih memantau kondisi kesehatan siswa tersebut hingga 10 hari ke depan setelah diperiksa swab tenggorokannya. Karena tak mengalami gejala sakit, ia tidak akan di tes swab ulang. 

"Sekarang prosedur atau pedomannya kalau sudah 10 hari sejak dinyatakan positif namun tanpa gejala itu sudah bebas pantauan, artinya sudah bebas penularan. Jadi sekarang tidak ada istilah swab evaluasi. Swab hanya untuk diagnosis pertama saja," pungkasnya.

Sementara itu, mengacu pada website covid19.tegalkab.go.id, Selasa (4/8/2020), tercatat total ada sebanyak 54 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebanyak 38 sembuh, 9 dirawat, dan 7 meninggal dunia.

Persiapan Orang Tua Saat Anak Masuk Sekolah 

Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan orang tua saat anak akan masuk sekolah ketika pandemi Covid-19 masih berlangsung. 

1. Beri Vitamin 

Anak-anak termasuk golongan yang rentan terserang penyakit, termasuk COVID-19. Penyebabnya, imunitas anak cenderung belum terbentuk sempurna seperti orang dewasa. 

Untuk meningkatkan imunitasnya, maka ibu perlu memberi vitamin tambahan kepada anak. Selain itu, pastikan anak juga mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya vitamin, seperti buah, sayuran dan kacang-kacangan.

2. Bekali Hand Sanitizer

Kebersihan adalah hal yang wajib dijaga untuk menghindarkan kita dari penularan COVID-19. Oleh sebab itu, ibu tidak boleh lupa memberi anak hand sanitizer yang bisa digunakan saat sekolah. 

Jangan lupa untuk mengedukasi anak agar selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. Serta kapan pun setelah ia menyentuh benda atau tempat-tempat yang kotor. 

3. Gunakan Masker



Masker menjadi pertahanan pertama dari paparan COVID-19. Maka dari itu, pastikan anak menggunakan masker yang tertutup ketika pergi ke sekolah. 

Ibu juga harus memberitahu mereka untuk tidak melepaskan masker sembarangan atau menyentuh masker dengan tangan mereka. 

Pilih masker yang berbahan lembut dan tidak terlalu tebal sehingga efektif melindungi si kecil dan membuatnya nyaman. 

4. Bawa Bekal dari Rumah



Ibu mungkin khawatir dengan makanan-makanan yang di jual di sekolah. Nah, untuk memastikan Si Kecil mengonsumsi makanan yang higienis, sebaiknya bekali anak makan siang dan camilan favoritnya. 

5. Edukasi Si Kecil

Mengedukasi Si Kecil tentang COVID-19 adalah hal terpenting yang harus dilakukan orang tua. 

Coba ajak anak untuk berdiskusi mengenai virus corona dan jelaskan seberapa cepat penularan dan bahayanya. 

Ibu juga harus mulai mengajarkan kebiasaan mencuci tangan di rumah, menggunakan masker dan bersin dengan benar. Selain itu, orangtua juga perlu berkoordinasi dengan guru di sekolahnya untuk memastikan ia menerapkan kebersihan diri dan menjaga jarak dengan orang lain. 

Itulah 5 tips orang tua untuk mempersiapkan anak saat sekolah di masa pandemi seperti ini. Jangan lupakan juga ingatkan dan latih terus anak agar terbiasa menjaga pola kesehatan dan kebersihan saat di rumah ya.

SHARE ARTIKEL