Casing HP Menguning? Coba 6 Cara Mudah ini, Dijamin Jadi Seperti Baru Lagi

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 07 Sep 2020

Casing HP Menguning? Coba 6 Cara Mudah ini, Dijamin Jadi Seperti Baru Lagi

Ilustrasi case handphone - Image from jasawebcreator.com

Hanya butuh waktu 5 menit 

Case HP kuning tentu membuat tampilan HP jadi kusam dan terlihat kotor. HP mu pun jadi tidak menarik dan tidak enak dipandang. Segera, coba cara ini dijamin sukses bersihkan case handphone-mu. 

Seiring dengan meningkatnya penggunaan gadget di era teknologi, penggunaan case pada handphone pun kini makin populer. 

Bukan hanya untuk melindungi body HP, beragam model case yang tersedia di pasaran saat ini juga berfungsi sebagai fungsi estetis. 

Salah satu jenis case HP yang paling banyak digunakan adalah case bening yang terbuat dari karet, karena cenderung sederhana dan fungsional. 

Selain bisa memberikan perlindungan, case model ini juga bisa menunjukkan logo merek HP dan warnanya. 

Sayangnya, bagi banyak pengguna case bening, ada satu masalah yang selalu mengganggu, yaitu warna case yang mudah menguning. Jika sudah begini, tampilan HP jadi terlihat kotor dan kusam. 

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, tidak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara membersihkan case HP yang menguning agar bisa kembali bersih seperti semula.

Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan case HP yang menguning, hanya butuh waktu 5 menit. 

1. Alkohol pembersih

Cairan pembersih dari alkohol saat ini sudah cukup mudah ditemukan di toko-toko bahan kimia. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, cairan pembersih semakin banyak dijual. 

Selain cairan pembersihnya, Anda juga perlu menyiapkan kain mikrofiber atau kain lainnya yang memiliki permukaan lembut.

Basahi kain dengan cairan pembersih secukupnya, lalu gosokkan ke case HP yang menguning hingga beberapa saat. Secara perlahan warna kuning yang berasal dari kotoran akan terangkat.

Lakukan secara berulang sampai semua bagian pada case HP yang menguning kembali ke warna aslinya.

2. Air dan sabun

Cara yang satu ini sepertinya yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sikat gigi, sabun cuci piring, dan air hangat, yang tentunya sangat mudah disediakan. 

Larutkan sabun cuci piring ke dalam wadah berisi air hangat. Aduk sampai busa mulai muncul. 

Celupkan sikat gigi ke dalam larutan sabun tadi kemudian gosokkan ke seluruh permukaan case HP. Gosok dengan sabar sampai warna kuning perlahan menghilang.

Jika sudah berhasil, bilas case HP Anda sampai semua air dan sisa busa sabun menghilang. Lalu keringkan dan siap dipakai deh. 

3. Baking Soda

Cara membersihkan case hp juga bisa dengan baking soda. Untuk mendapatkan baking soda juga tidak sulit, Anda bisa datang ke toko terdekat yang menyediakan bahan-bahan kue. 

Siapkan juga sikat gigi untuk menggosok serta sedikit air untuk membasahi baking soda tadi. 

Pertama, taburkan baking soda ke permukaan case HP yang menguninng milik Anda secara merata. Taburkan secukupnya. 

Berikutnya, basahi sikat gigi dengan sedikit air lalu gosok permukaan case yang sudah ditaburi baking soda tadi secara merata. Jika terasa kurang, Anda bisa menambahkan baking soda lagi.

Lakukan langkah ini ke permukaan case lain secara merata. Jika warna sudah mulai terlihat kembali normal, jangan lupa untuk membilas case dan mengeringkannya sebelum dipakai. 

4. Pasta Gigi 

Pasta gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan noda kuning pada casing dan membuatnya menjadi bersih kembali.

Selain itu, odol juga berfungsi untuk menghilangkan bekas tinta di casing hp milikmu. 

Caranya cukup mudah, oleskan pasta gigi pada permukaan casing lalu sikat dengan perlahan. Jika sudah, basuh casing menggunakan air dan keringkan.

5. Hand Sanitizer 

Selain sebagai pembersih tangan, hand sanitizer juga bisa digunakan untuk membersihkan case HP. Caranya ialah dengan menggosokkan hand sanitizer dengan tisu dan kain pada seluruh permukaan case hingga bersih. 

Selain bersih, hand sanitizer juga membuat case HP mu menjadi lebih wangi. 

6. Cairan Pemutih 

Cara ini termasuk cara yang sangat ampuh untuk menghilangkan noda kuning. Tidak hanya pakaian saja melainkan juga case HP. 

Caranya campurkan sedikit pemutih ke wadah dengan menambahkan air hangat ke dalamnya. Lalu masukan casing hp ke wadah tersebut selama beberapa menit dan langsung keringkan. 

Perlu diingat bahwa pemutih adalah cairan yang berbahaya, jadi jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan, celemek, dan masker wajah agar pemutih tak mengenai anggota tubuhmu. 

Itulah keenam cara yang bisa kamu coba untuk membersihkan case handphonemu. Selamat mencoba!

SHARE ARTIKEL