UAS Beberkan Amalan dan Tanda-tanda Orang yang Dapatkan Malam Lailatul Qodar

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 13 May 2020

UAS Beberkan Amalan dan Tanda-tanda Orang yang Dapatkan Malam Lailatul Qodar

Malam yang lebih baik dari 1000 bulan 

Jangan lewatkan 10 hari terakhir bulan ramadhan tanpa memberikan amalan terbaik kita. Sebab di malam-malam ini, amalan kita akan dilipatgandakan 

Tak ada yang tahu pasti waktu yang tepat datangnya malam Lailatul Qadar. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa malam kemuliaan itu datang di sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan.

Sejumlah ulama menyampaikan, dirahasiakannya datangnya malam Lailatul Qadar tersebut agar Umat Islam kian memperbanyak amalan-amalan di malam-malam terakhir bulan Ramadhan. 

Umat Islam dianjurkan untuk menjalankan sejumlah amalan sunah untuk menyambut datangnya malam Lailatul Qadar. Sebab malam itu, malam yang keutamaannya lebih baik dari seribu bulan itu.

Baca juga : Jangan Lewatkan, Begini Tanda Malam Lailatul Qodar, Doa dan Amalannya

Pada saat Isya, tarawih, witir, ustaz yang biasa disebut UAS ini menyarankan umat Muslim untuk tidur pada pukul 22.00 WIB.

"Jam 3 bangun. Lalu sholat tahajud," kata Ustaz Abdul Somad dalam sebuah video berjudul 'Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan agar Mendapatkan Malam Lailatul Qadar' yang tayang pada April 2020. 

Kemudian UAS menyebutkan, usai sholat kita harus banyak-banyak memohon ampun kepada Allah. "InsyaAllah beramal dari malam pertama sampai malam terakhir, Allah akan berikan Lailatul Qadar," ucap Ustaz Abdul Somad.

Selain itu Ustaz Abdul Somad juga menceritakan kisah orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar. 

Pada suatu malam seorang laki-laki terbangun dari tidurnya. Ketika dia pergi ke sungai, nampak olehnya pohon kelapa bertumbangan. 

Kemudian ia bergegas mengambil air, dilihatnya air menjadi membeku seperti es batu. Lalu dia teringat bahwa malam itu adalah malam Lailatul Qadar.

"Lalu dia berdoa. Doa yang dia panjatkan, karena dia tak punya anak, 'Ya Allah jadikanlah keponakanku ini salah satu dari wali-walimu'. Akhirnya keponakannya menjadi wali Allah, itulah dia khatib Sambas dari Kalimantan Barat," cerita Ustaz Abdul Somad.

Kemudian Ustaz Abdul Somad menyebutkan, tanda-tanda orang yang mendapat malam lailatul Qadar. Menurut Ustaz Abdul Somad, ada perbedaan tanda-tanda pada orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar. 

"Misalnya ada orang yang cerita, Ustaz, dulu bapak itu dulunya pelit, setelah ramadhan dia jadi baik," kata Ustaz Abdul Somad.

Sementara itu Ustaz Adi Hidayat dalam serial kultum di YouTube Channelnya yang berjudul 'Rahasia Lailatul Qadr' menyebutkan, pada malam Lailatul Qadar kita disarankan untuk membaca Al Quran. Membaca Al Quran pahalanya setara pahala selama 83 tahun.

"Meski hanya membaca satu huruf misalnya Nun, lalu dia tertidur karena mengantuk, orang itu berarti membaca nun 83 tahun tanpa henti," kata Ustaz Adi Hidayat.

Dalam buku berjudul '12 Bulan Mulia-Amalan Sepanjang Tahun oleh Abdurrahman Ahmad As, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: 

"Barangsiapa pada Bulan Ramadhan, dalam keadaan benar dan muslim, berpuasa pada siang harinya, sholat, dan wirid pada malamnya, memejamkan matanya, menjaga fajri, lisan, dan tangannya memelihara sholatnya secara berjamaah, dan bersegera menuju sholat, maka sungguh dia, telah berpuasa sebulan, menyempurnakan pahala, mendapat lailatul Qadar, dan meraih hadiah dari Allah."

Itulah amalan-amalan yang dianjurkan dilakukan saat 10 hari terakhir bulan Ramadhan serta tanda-tanda orang yang mendapatkan ganjaran malam lailatul qodar. Semoga kita semua termasuk didalamnya.

SHARE ARTIKEL