Tak Punya Uang Bukan Halangan untuk Bersedekah, Lakukan Saja Amalan ini

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 27 Oct 2020

Tak Punya Uang Bukan Halangan untuk Bersedekah, Lakukan Saja Amalan ini

Ilustrasi tolong menolong - Image from m.brilio.net

Ingin sedekah, tapi tak punya uang, bisakah? 

Sebagaimana yang kita ketahui, menunaikan sedekah biasanya dilakukan dengan memberikan sebagian harta kita. Tapi tak usah berkecil hati bagi yang tak punya uang, sebab kamu tetap bisa bersedekah. Berikut amalan sedekah jika tak punya uang.

Siapa bilang sedekah hanya bisa dilakukan dengan uang. Ternyata meski sedang tak punya uang, kita tetap bisa bersedekah loh. 

Sedekah itu sebenarnya mudah dan tidak sulit. Meski begitu jangan menganggap sedekah sebagai perbuatan yang remeh, sebab jika dianggap remeh cenderung membuat kita mengabaikannya.

Padahal, sedekah sangat dianjurkan dan disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk bersedekah meskipun hanya dengan sebiji kurma. 

Beliau juga menyandangkan perkataannya dengan menggunakan kalimat ‘takutlah kalian kepada neraka’. 

Ungkapan tersebut menurut Imam Ibnu Hajar al-Asqalani bermakna bahwa sedekah itu akan menjadi hijab/pengahalang dia dari neraka.

Biasanya, seseorang bersedekah menggunakan harta yang dimilikinya. Namun, tidak semua orang diberikan kecukupan dalam harta. 

Hadis berikut ini memberikan kita pencerahan bahwa sedekah tidak melulu soal harta, melainkan bisa juga dengan perbuatan baik.

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

كُلُّ مَعْرُوفٍ صَدَقَةٌ

Artinya: “Setiap perbuatan baik adalah sedekah.” (HR: Bukhari)

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa bersedekah bisa dengan jasa yang hasilnya bisa disedekahkan untuk mencukupi kebutuhan orang yang kesusahan. 

Cara lain yang bisa dilakukan dalam rangka bersedekah adalah dengan menolong seseorang, baik dengan ucapan maupun perbuatan. 

Kalau dirasa tak mampu, maka ajaklah untuk berbuat kebaikan, dan jika masih belum mampu maka cegahlah seseorang untuk berbuat keburukan.

Dalam riwayat Imam al-Tirmidzi dijelaskan bahwa senyuman kepada saudara kita saja sudah dinilai sedekah. 

"Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, ber-amar makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah".

Sedangkan dalam riwayat Imam al-Bukhari juga dikatakan bahwa berkata bagus saja sudah dinilai sedekah. 

Rasulullah SAW bersabda: “Jagalah kalian dari api neraka, walaupun dengan bersedekah sepotong kurma. Namun siapa yang tidak mendapatkan sesuatu yang bisa disedekahkannya maka dengan (berucap) kata-kata yang baik.” (HR. Al-Bukhari no. 6023 dan Muslim no. 2346)

Untuk itu, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersedekah. Meski tak punya uang kita tetap bisa bersedekah. Apalagi yang punya uang, tentu perlu melakukan amalan ini. 

Mari kita mengumpulkan pahala dengan bermacam bentuk sedekah tadi, agar menjadi penghalang dari neraka.

SHARE ARTIKEL