Kabar Gembira, Presiden Jokowi Putuskan Vaksin Covid-19 Gratis untuk Masyarakat

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 16 Dec 2020

Kabar Gembira, Presiden Jokowi Putuskan Vaksin Covid-19 Gratis untuk Masyarakat

Presiden Joko Widodo beri vaksin Covid-19 gratis - Image from www.cnnindonesia.com

Kabar ini jadi angin segar di tengah pandemi 

Alhamdulillah, Presiden Jokowi telah memutuskan untuk memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat secara gratis atau tanpa biaya. Menurutnya setelah mendapatkan berbagai masukan dan pertimbangan, keputusan ini dinilai paling baik.

Secara resmi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kabar gembira terkait vaksin Corona. Vaksin Corona untuk masyarakat Indonesia akan diberikan secara gratis. 

"Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Presiden Jokowi melalui YouTube Sekretariat Kepresidenan, pada Rabu (16/12/2020).

"Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," tegasnya.

Jokowi juga memerintahkan jajaran kabinetnya dan pemda untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021. 

Menkeu Sri Mulyani juga diminta untuk merealokasikan anggaran terkait.

"Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," ungkapnya.

Sebelumnya dikabarkan bahwa vaksin Corona sempat dibagi menjadi vaksin gratis dan vaksin mandiri. 

Pembagiannya disebutkan antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian BUMN.

Saat ini, sudah ada 1,2 juta vaksin Sinovac yang sudah tiba di Indonesia. Selanjutnya, pasokan berikutnya akan datang menyusul secara bertahap.

Alhamdulillah semoga dengan adanya vaksin Covid-19 gratis ini bisa menjadi angin segar dan harapan bagi masyarakat Indonesia pandemi ini segera berakhir. 

Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan selalu.

SHARE ARTIKEL