Tips Memanjakan Suami Agar Harmonis dan Makin Sayang

Penulis Editor Wajibbaca | Ditayangkan 11 Feb 2022

Semua rumah tangga pasti mendambakan keharmonisan dan kerukunan. Lalu, bagaimana cara memanjakan suami agar tetap memiliki kasih sayang yang penuh bagi keluarga? Simak artikel berikut untuk mendapatkan tips-tips yang bisa anda aplikasikan untuk memanjakan suami anda.

Kebutuhan Hubungan
Tips Memanjakan Suami Agar Harmonis dan Makin Sayang

Betterparent.id - Image from Betterparent.id

Sebelum membahas mengenai tips memanjakan suami, anda perlu memahami kebutuhan hubungan yang diperlukan oleh masing-masing individu yang sudah terikat dalam hubungan suami istri. Berikut adalah kebutuhan hubungan yang harus anda dan pasangan berikan satu sama lain:

1. Perhatian

Menurut BetterParent.Id, perhatian merupakan salah satu penentu apakah rumah tangga akan berjalan dengan baik atau tidak. Anda dan pasangan harus sama-sama saling memperhatikan untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangga. Untuk itu, anda dan pasangan harus lebih peka terhadap partner hidup yang menemani dikala susah dan senang.

Anda bisa memberi perhatian dengan membelikan hadiah, membantu pekerjaan, atau sekedar mengajak berkomunikasi masalah rumah tangga satu sama lain. Perhatian ini merupakan cara komunikasi cinta yang paling efektif untuk menunjukkan kasih sayang anda pada pasangan.

2. Sentuhan dan gairah

Sebagai suami istri, hubungan intim merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Sebaiknya anda dan pasangan saling berusaha untuk membangkitkan gairah dari hal-hal kecil seperti pelukan yang ampuh mempererat hubungan.

3. Liburan

Anda dan pasangan pasti membutuhkan liburan untuk menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Liburan ini sebaiknya anda manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga anda.

Hal yang Harus Dihindari di Rumah Tangga

Tips Memanjakan Suami Agar Harmonis dan Makin Sayang

Jangan lakukan - Image from Betterparent

1. Perselingkuhan

Perselingkuhan merupakan penyebab terbesar suatu rumah tangga yang sudah dibangun begitu lama menjadi hancur berkeping-keping. Saat perselingkuhan terjadi, biasanya pelaku tidak memikirkan efek jangka panjang yang terjadi pada rumah tangga dan pasangan. Hal buruk seperti sulit membangun kepercayaan kembali, pertengkaran terjadi terus menerus, dan sakit hati merupakan sedikit dari dampak besar yang ditimbulkan.

2. KDRT

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang melukai fisik dan mental pasangan merupakan hal yang harus dihindari karena membuat suatu hubungan tidak harmonis. Korban yang dipukul akan merasa tersakiti dan menimbulkan berbagai konflik lain yang menggoyahkan bahtera rumah tangga. Dibandingkan dengan KDRT, anda bisa memberikan nasihat berupa kata-kata untuk menegur pasangan anda.

3. Caci maki

Saat pasangan anda melakukan kesalahan dan terjadi pertengkaran, sebaiknya anda tidak mencaci maki pasangan anda. Cobalah mengkomunikasikan maksud anda dengan lebih tenang dan kata-kata yang sopan untuk menunjukkan bahwa anda menghargainya meskipun sedang bertengkar.

Tips Memanjakan Suami

Tips ini mungkin sangat berguna bagi para istri yang ingin suaminya bahagia. Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini agar suami semakin cinta dan sayang kepada anda dan keluarga. Berikut ini adalah tips yang sangat bermanfaat agar suami anda merasa nyaman dimanjakan oleh anda dengan penuh kasih sayang dan rasa cinta.

1. Memberikan pujian atas kerja kerasnya

Seorang istri merupakan pendamping bagi suaminya. Oleh karena itu, suami pasti membutuhkan pengakuan dari orang terdekatnya atas kerja keras yang sudah dilakukan. Sebagai seorang istri, pahamilah bahwa suami anda akan sangat senang apabila mendapatkan pujian dari anda.

Selain kerja keras, anda juga bisa memberikan pujian atas perubahan-perubahan kecil yang dilakukan oleh suami anda seperti mengubah penampilan, gaya hidup, atau perubahan sifat kearah yang lebih baik. 

Anda juga bisa memberikan tindakan-tindakan kecil yang menunjukkan pujian anda seperti memberikan saran yang membantu mereka menjadi lebih baik, memilihkan warna jas yang sesuai dengan warna kulit, atau memilih potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah, kemudian anda berikan pujian saat mereka mengikuti perubahan atas saran tersebut.

2. Luangkan waktu berdua

Hal ini merupakan salah satu momen paling penting untuk menumbuhkan kembali rasa cinta yang sedikit berkurang. Anda bisa membuat waktu khusus yang akan dihabiskan berdua saja dan saling mengisi dan bertukar pikiran satu sama lain. Anda bisa menghabiskan waktu berdua di rumah atau melakukan liburan ke tempat lain.

Cara ini dianggap sangat ampuh saat masing-masing sibuk mengurusi urusan masing-masing sehingga lupa untuk membangun perasaan yang sudah dibangun sejak lama. Dengan meluangkan waktu berdua, hubungan intim akan lebih terasa karena tidak ada gangguan dari pihak manapun.

3. Menghargai kerja keras suami anda

Suami yang sibuk bekerja mungkin mendapatkan tekanan dari berbagai pihak. Sebagai istri, anda harus bisa mengerti dan menghargai kerja keras yang telah dilakukan. Cara ini dianggap efektif untuk memanjakan suami anda setelah lelah menghabiskan energi saat bekerja.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menunjukkan betapa anda menghargai kerja keras suami anda. Anda bisa memberikan kejutan-kejutan kecil seperti memasak makanan favoritnya, memijat, atau sekedar mengucapkan terima kasih telah bekerja keras untuk keluarga.

Tips tersebut tidak sulit namun bisa membangun ikatan anda dengan suami. Kerja keras suami yang telah diberikan untuk keluarga kayak mendapatkan apresiasi dari orang terdekatnya, yaitu istri.

4. Menyediakan waktu untuk hubungan intim yang luar biasa

Anda dan pasangan harus memiliki komunikasi cinta yang indah. Mungkin banyak orang berpikir hal ini tidak penting untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga. Hal tersebut keliru karena pasangan suami istri pasti membutuhkan hubungan intim yang menyenangkan berdua.

Jika sudah memiliki anak dan sulit untuk melakukan hubungan intim yang spesial, anda dan pasangan bisa menghabiskan waktu berdua di hotel atau di penginapan lainnya. Hubungan intim yang baik akan membuat anda dan pasangan lebih bahagia dan merasa dimanjakan. Dengan melakukan hal ini, pasangan anda akan merasa sangat dimanjakan sehingga kerukunan rumah tangga tetap terjaga.


5. Memberikan ruang saat suami butuh waktu sendiri

Sebagai seorang manusia, suami anda juga mungkin memiliki beban pikiran yang berat. Hal ini tidak dibagikan dengan anda karena tidak ingin membuat orang yang disayangi pusing atau dia merasa bisa menyelesaikan masalah tersebut sendiri. Untuk itu, anda sebaiknya memberikan pengertian seperti menyediakan ruang sendiri untuk menenangkan emosi yang dimiliki.
Anda bisa memberikan pengertian saat suami mengatakan ingin melakukan sesuatu sendiri.

Apabila hal tersebut berdampak positif, anda bisa memberi dukungan dan membiarkannya sendirian. Jika sudah selesai, anda bisa kembali dan mengkomunikasikan hal-hal yang perlu dibicarakan atau hal-hal yang telah terjadi.
Itulah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk memanjakan suami sehingga kehidupan rumah tangga anda bisa lebih harmonis dan romantis. 

Jangan lupa untuk tetap berusaha setiap harinya untuk mempertahankan keluarga yang hangat dan jauh dari pertengkaran.

SHARE ARTIKEL