DIKLAT WAWASAN KEBHINEKAAN GLOBAL

Penulis Larensi Mahligai | Ditayangkan 30 Jan 2024

DIKLAT WAWASAN KEBHINEKAAN GLOBAL

Oleh : Catur Wulandari, S.Pd dan Diaur Rahman


Kegiatan WKG ini diikuti secara daring dengan tautan zoom meet yang dilaksanakan di wilayahnya masing-masing. Kegiatan dibuka dengan melakukan pretest yang hasilnya langsung masuk ke Kemendikbud. Dalam kegiatan ini peserta diklat mempelajari 5 topik dipandu oleh Dr. H. Edi Supriana, M.Si narasumber yang membahas topik 1 sampai 3. Topik 1 yang dibahas ialah "Dunia yang Berwarna", Topik 2 ialah "Negeri Penuh Harmoni", Topik 3 ialah "Damai Mulai dari Diri". Kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Endang Purwaningsih, M.Si yang melanjutkan bahasan topik 3 “Damai Mulai dari Diri”, lalu topik 4 “Sekolahku yang Bhineka” dan topik 5 “Sekolahku yang Damai”.

Apa jadinya jika dunia ini seragam? Semua manusia warna kulitnya, bahasanya, dan budayanya sama? Pertanyaan pemantik pertama yang dilontarkan Dr. H. Edi Supriana, M.Si saat membuka dan memulai Diklat Wawasan Kebhinekaan Global ( WKG ) Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Fisika 001 Angkatan 3 Tahun 2023 Universitas Negeri Malang pada hari Minggu 28 Januari 2024 dimulai dari jam 07.00 -16.20 WIB. 

Pada Topik 1 "Kebhinekaan Global", ada beberapa kunci sukses abad ke-21 diantaranya ada penyelesaian masalah inovatif, eskplorasi investigatif, pemikir kritis, komunikasi kreatif, pembaca yang baik dan pembelajar yang pandai. Ada juga keahlian yang dibutuhkan oleh anak abad ke-21 seperti adaptif dalam menyelesaikan masalah, komunikasi yang kolaboratif dan fasih digital. Ya, di era abad 21 teknologi digital semakin berkembang dan mungkin akan terus berkembang. Teknologi akan mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam pembahasan setiap topik kita di ajak bermain seperti permainan dunia suku, permaianan identitasku, ada juga permainan sekolahku.  Dan juga di setiap topik kita melakukan kegiatan refleksi untuk membangun kesadaran diri terkait topik permasalahan yang diberikan. Kegiatan refleksi ini menjadi ruang kolaborasi, menambah wawasan, serta hiburan bagi peserta karena para pemateri menyampaikan materi dengan menarik dan menyenangkan sehingga tidak membosankan. 

Selama mengikuti kegiatan WKG ini, para peserta diklat sangat antusias dan bersemangat berinteraksi  dalam merespon materi yang diberikan. Salah satu kegiatan yang berkesan adalah saat di penghujung kegiatan, Prof. Dr. Endang Purwaningsih, M.Si bermain sekolahku. Dimana ada kartu merah ialah ancaman, kartu kuning ialah kerentanan, dan kartu hijau ialah kapasitas. 

Kegiatan Diklat Wawasan Kebhinekaan Global ini diakhiri dengan mengerjakan post test. Setelah berakhirnya Diklat Wawasan Kebangsaan Global, seluruh mahasiswa berkewajiban untuk melakukan presensi secara daring dengan mengunggah bukti foto kehadiran dan tugas individu berupa rencana program yang diunggah di media sosial. Dan membuat program aktivitas kebinekaan di sekolah masing-masing. 
DIKLAT WAWASAN KEBHINEKAAN GLOBAL

Demikian pelaksanaan kegiatan Diklat Wawasan Kebangsaan mahasiswa PPG Daljab Universitas Negeri Malang. Semoga hasil dari kegiatan diklat ini dapat menjadi bekal dan sumber pengetahuan serta informasi baru bagi para mahasiswa PPG Daljab Fisika 001 Angkatan 3 tahun 2023 untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan dan terkhusus dalam lingkungan sekolah.


SHARE ARTIKEL